5 Tips Windows Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja   5 Tips Windows Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Ilmu Komputer – Windows adalah...

5 Tips Windows Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja

 

5 Tips Windows Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja

Ilmu Komputer – Windows adalah sistem operasi standar yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer diseluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan oleh mudahnya penggunaan serta ketersediaannya software / aplikasi yang umumnya dibuat untuk Windows.
Bila anda adalah pengguna komputer yang sehari-hari bekerja dengan sistem operasi Windows, beberapa tips sederhana dibawah ini dapat membantu agar proses kerja anda menjadi lebih efisien dan cepat.

Cara Cepat Print File / Dokumen

Pada umumnya bila anda hendak mencetak sebuah atau beberapa dokumen / file, harus terlebih dahulu membuka file tersebut dengan program yang bersangkutan lalu memilih menu File > Print pada program tersebut.
Terdapat cara yang jauh lebih cepat untuk melakukan hal ini. Bukalah Windows Explorer anda dan browse folder tempat anda menyimpan file yang ingin dicetak, lalu klik kanan > Print.

cara-cepat-print-file-dokumen

Anda dapat memilih lebih dari satu file untuk mencetak nya secara bersamaan tanpa harus membuka file tersebut melalui program yang bersangkutan. Dengan cara ini akan jauh menghemat waktu anda dalam mencetak (print) dokumen.

Pin Program Anda Ke Start Menu

Bila anda bekerja setiap hari dengan program tertentu yang selalu anda buka setiap saat ada baiknya meletakkannya ke Desktop sebagai Shortcut. Namun terkadang beberapa pengguna tidak suka tampilan desktopnya dipenuhi oleh ikon-ikon shortcut yang menutupi wallpaper mereka sehingga merekapun membersihkan semua shortcut dan memilih untuk membukannya melalui menu Start > All Programs.
Hal tersebut terkadang cukup merepotkan apabila program yang terinstal dikomputer anda cukup banyak sehingga akan cukup sulit untuk mencari program anda ditengah-tengah folder program yang menumpuk di start menu.
Sebagai alternatif anda dapat memindahkannya ke Start Menu secara permanen. Caranya adalah Klik kanan pada ikon program ‘favorit’ anda yang selalu anda buka setiap saat misalnya Microsoft Excel, maka klik kanan pada ikon Excel > lalu pilih Pin to Start Menu

5-Tips-Windows-7-Untuk-Meningkatkan-Efisiensi-Kerja

Dengan cara ini anda akan dapat menemukan program tersebut dengan lebih cepat dibandingkan mencarinya melalui Start > All Programs

Gunakan Small Icons Pada Start Menu

Setelah anda menginstal beberapa puluh program di komputer, maka start menu atau dekstop anda akan dipenuhi oleh banyak program sehingga hal tersebut cukup membingungkan anda. Anda dapat mengakalinya dengan meletakkannya (Pin) program ke start menu atau merubah ukuran ikon menjadi lebih kecil untuk mengefisienkan ruang.
Klik kanan pada ikon Start Menu > Properties
Lalu kebagian Tab Start Menu dan klik Customize
Lalu scroll kebagian bawah dan temukan pilihan Use Large Icons lalu hilangkan centang pada opsi tersebut. ( Untuk pengguna Windows XP, pilih Small Icons pada tab bagian General)

gunakan-small-icon-pada-start-menu
Klik Ok

Gunakan Fasilitas Search

Fitur Search sangat bermanfaat untuk menemukan file-file yang sedang anda cari. Anda dapat menemukan file anda berdasarkan nama, jenis file dsb. Fungsi Search sangatlah membantu apabila anda memiliki jumlah file yang sangat banyak dikomputer anda. Terutama bila anda memiliki data-data klien dsb.
Untuk menggunakan fitur Search pada Windows XP cukup klik kanan pada folder atau drive yang ingin anda cari > lalu pilih Search
Kemudian ketikkan nama file yang ingin anda temukan.
Untuk pengguna Windows 7 cukup klik pada folder / drive, lalu ketikkan nama file pada kotak search yang terletak pada kanan atas layar

Tips Cepat Mengirim File / Attachment Melalui Outlook

Bila anda menghubungkan account email anda dengan Outlook Express terdapat sebuah cara praktis yang dapat digunakan untuk mengirim file / attachment.
Klik kanan pada file (bisa lebih dari 1) yang ingin anda kirimkan melalui email  lalu pilih Send to > Mail Recipient

Tips-Cepat-Mengirim-File-Attachment-Melalui-Outlook

Anda dapat mengirimkan lebih dari satu file dengan trik ini. Tentu saja untuk menjalankan trik ini, program Outlook Express anda harus terlebih dahulu terhubung dengan account email anda.
Demikianlah informasi mengenai 5 Tips Windows Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja. Semoga bermanfaat :-)
===

0 komentar: