jenis jenis komputer jenis jenis komputer Supercomputer Supercomputer adalah jenis computer yang mempunyai kecepatan proses paling ...

jenis jenis komputer

jenis jenis komputer

Supercomputer
Supercomputer adalah jenis computer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket.
Supercomputer diperkenalkan pada tahun 1960 yang didesign oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), dan hingga supercomputer pertama yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc.). Selain perusahaan Cray, IBM juga turut berkiprah. IBM ASCI White (Accelerated Strategies Computing Initiative White) merupakan Supercomputer buatan IBM yang di pasang di Lawrence Livermore Laboratory, Livermore, California, yang dipergunakan untuk melakukan simulasi pengujian nuklir pada Departemen Energi Amerika Serikat. Computer ini memiliki 8192 processor Power3 dan dapat memproses 12,3 trilyun intruksi per detik, memakan tempat seluas 1.200 kaki kuadrat.
Pada tahun 2002, IBM ASCI White atau yang juga disebut “Pacific Blue” merupakan Supercomputer tercepat didunia. Adapun Supercomputer tercepat kedua di dunia di bangun oleh Intel yang dipasang di Sandia National Laboratory, New Mexico. Supercomputer ini tersusun atas 9152 processor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 trilyun intruksi per detik. IBM juga mengembangkan Supercomputer Blue Storm yang dirampungkan pada tahun 2004 dengan kecepatan 20 trilyun intruksi per detik.
Mainframe
Mainframe merupakan jenis computer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Perusahaan computer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys. Contoh Mainframe yang terkenal yaitu IBM S/390 Parallel Enterprise Server.
Minicomputer
Minicomputer sering kali disebut sistem Midrange, biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis computer ini antara lain DEC, IBM, Hewltt Packard, dan Data General. Contoh yang terkenal dan banyak digunakan pada perbankan adalah IBM AS/400.
Workstation
Istilah workstation sering kali membingungkan. Pada sistem yang menggunakan Novell Netware, workstation berarti PC yang berkedudukan sebagai client. Namun, pengertian workstation sebagai jenis computer bukanlah seperti dalam pengertian tersebut. Workstation adalah jenis compuer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancang berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai sebagai server dalam client/server. Bentuk workstation hampir menyerupai PC, tapi workstation mendukung memori sampai 8 gigabyte.
Microcomputer
Microcomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau computer pribadi. Microcomputer sendiri dapat di bedakan menjadi : desktop PC, tower PC, laptop, notebook, palmtop, dan PDA.Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran yang berukuran besar yang umumnya digunakan pada rumah atau kantor, dengan case (kotak CPU) dalam posisi tertidur dan biasa diletakan di atas meja. Itulah sebabnya di sebut desktop PC.Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri (seperti menara). Umumnya kotak CPU diletakan di samping atau di bawah kolong meja.Laptop adalah jenis microcomputer yang mudah untuk di bawa berpergian.Notebook (mini-laptop) memiliki sifat seperti laptop. Hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil dari pada laptop. Secara fisik, laptop dan notebook seringkali sulit dibedakan. Dalam beberapa artikel, laptop dianggap sama dengan notebook.Palmtop atau biasa disebut handheld PC (PC genggam) adalah computer yang berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator, sehingga dapat di letakan di atas tangan.PDA (Personal Digital Assistant) adalah jenis computer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keboard. Beberapa PDA juga telah dilengkapi dengan keyboard mini yang dapat dilipat. PDA bisa berfungsi seperti buku catatan yang mencatat janji ataupun telpon. Dalam perkembangannya, PDA juga dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu dan dapat digunakan untuk melakukan koneksi wireless internet (tanpa kabel) menggunakan WPA atau WPA2. Pada beberapa artikel, PDA juga dianggap sebagai Palmtop.
Microcontroler
Microcontroler atau sering juga disebut dengan Embedded Computer adalah microprocessor khusus yang berukuran kecil yang cisa dipasang pada peralatan-peralatan electronik cerdas, mobil dan barang yang lain (contoh : lift). Microprcessor ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal dalam memprduksi microcotroler adalah Motorola dan Texas Instrument.

0 komentar: