Android serta beberapa kelebihannya...!!! Android dan iOS menjadi sistem operasi ponsel pintar yang paling digemari oleh para ...

Android serta beberapa kelebihannya...!!!

Android dan iOS menjadi sistem operasi ponsel pintar yang paling digemari oleh para pengguna ponsel pintar di seluruh dunia. Namun sifat terbuka atau open source dari Android sendiri menjadi kelebihan handphone Android yang mana tidak bisa dilakukan oleh ponsel dengan sistem operasi yang lainnya terutama oleh Apple.

Keyboard Alternatif
Jika Anda memilih untuk membeli ponsel Android, maka berarti Anda juga memungkinkan untuk memilih keyboard alternatif, jika Anda merasa bosan dengan keyboard yang disediakan oleh Android itu sendiri. Dari aplikasi seperti Swiftkey hingga keyboard inovatif seperti Swype, lalu turun ke 8pen hingga GO Keyboard menambah semaraknya keyboard alternatif yang bisa Anda gunakan pada ponsel Anda. Dengan memiliki keyboard alternatif ini Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda pada saat Anda sedang menuliskan sebuah pesan. iPhone pun memiliki fitur yang sama, namun Anda harus menginstal aplikasi yang mana Anda pun harus mengimpor teks ke program yang lain, berbeda dengan Android yang hanya sekali instal Anda mendapatkan kemudahan dalam menulis pesan.

Otomatisasi
Salah satu fitur terpenting dari Android sendiri adalah fitur otomatisasi, dengan fitur ini Anda dapat mengendalikan semua aplikasi yang sedang bekerja dan bisa Anda matikan jika memang Anda ingin mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Tentunya dengan bantuan aplikasi tasker yang bisa Anda dapatkan pada Google Play. Tasker mampu melacak hingga ke dalam pengaturan dari ponsel Anda.

Custom Home Launcher
Jika pengguna iPhone bisa melakukan perubahan pada tampilan home launcher-nya dengan cara jailbreak, hal yang berbeda ditawarkan oleh Android yang mana Anda tak perlu melakukan jailbreak atau root pada ponsel Anda, namun Anda hanya perlu memasang sebuah aplikasi untuk melakukan perubahan pada homescreen Android Anda. Banyak aplikasi dari pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kustomisasi layar homescreen Anda, seperti ADW Laucher atau GO Launcher EX pun bisa Anda dapatkan secara gratis pada Google Play.

Widgets
Tentu, iPhone mengambil sedikit ruang, namun tidak ada pengganti untuk penambah cantik tampilan homescreen dengan hadirnya widget cuaca maupun widget musik untuk menunjukkan trek yang sedang Anda putar. Bahkan widget penting seperti to do list yang tidak hanya membantu produktiivtas pengguna saja, namun bisa digunakan sebagai pengingat. Jika Anda memiliki iPhone Anda bisa menaruh widget-widget ini, namun hanya pada lockscreen saja, untuk homescreen sendiri, iPhone masih dalam tampilan yang datar meskipun sudah Anda jailbreak. Untuk Android sendiri Anda hanya perlu menginstal aplikasi launcher seperti ADW dan GO Launcher EX maka Anda akan mendapatkan widget yang memukau.

Baterai dan Memori yang Removable
Meskipun tidak termasuk dalam software, namun poin ini sangat penting untuk Android. Anda dapat mengganti baterai atau melakukan ekspansi memori Anda menjadi memori yang lebih besar. Sedangkan pada iPhone sendiri tidak mendukung untuk dilakukan ekspansi memori karena memori pada ponsel ini telah ditanamkan oleh pabrikannya sendiri.

Menginstal Aplikasi Secara Wireless
Jika pada iPhone atau iPod Anda harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu pada iTunes untuk mendapatkan sebuah aplikasi. Hal yang berbeda ditawarkan Android malalui Google Play. Untuk melakukan instalasi sebuah aplikasi Anda hanya perlu menekan tombol install. Dan beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan aplikasi Anda telah terpasang pada ponsel Anda.

Custom ROM
Ketika banyak aplikasi lain yang menawarkan kustomisasi lain dari sistem operasi Anda, maka Android tidak hanya puas dalam hal tersebut, namun Anda masih bisa melakukan kustomisasi pada ROM Anda yang mana Anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda dibandingakn tampilan Anda sebelumnya. Seperti Anda bisa menggunakan CyanogenMod yang mana Anda bisa melakukan tweak pada Android Anda menjadi maksimal dan Anda bisa meraskan pengalaman yang berbeda ketika Anda menggunakan Android Anda.

Mengendalikan Android Anda Dari Komputer
Fitur satu ini sedikit keluar dari konsep, namun Anda bisa menggunakan fitur ini ketika Anda sedang menggunakan komputer Anda. Bahkan Anda bisa mengirimkan pesan kepada teman Anda melalui komputer Anda. Ya, Anda bisa VNC ke iPhone Anda, namun itu tidak sama dengan menggunakan aplikasi yang terpisah yang hanya mengakses fungsi basernya.

Flash
Flash sangat dibutuhkan untuk ponsel pintar semacam Android. Dengan flash, Anda bisa menggunakan ponsel Anda untuk bermain game seperti game Kongregate, menonton video secara live.

Aplikasi yang Terintegrasi
Google Voice mungkin tersedia untuk iPhone, namun pengalaman dalam menggunakannya pasti berbeda dengan Android yang notabene merupakan ponsel yang di-support oleh Google. Jadi jika Anda ingin menggunakan Google Voice secara full time, Anda harus mengaturnya secara manual. Sementara itu pada Android Anda tidak perlu mengaturnya secara manual untuk menggunakan fitur Google Voice, karena Google Voice sendiri sudah terintegrasi di dalam ponsel Android Anda dan Anda tinggal menggunakannya saja. Begitu pula dengan Google Maps, Anda bisa menghubungkannya langsung dengan Google Voice tanpa harus Anda mengaturnya terlebih dahulu secara manual.

0 komentar: