Nokia Kembali Telan Pil Pahit Foto: Getty Images CALIFORNIA  - Awan hitam nampaknya masih menghantui langkah Nokia. Kali ini peru...


Nokia Kembali Telan Pil Pahit


detail berita
Foto: Getty Images
CALIFORNIA - Awan hitam nampaknya masih menghantui langkah Nokia. Kali ini perusahaan teknologi asal Finlandia tersebut kembali mengalami kerugian 1,4 miliar euro.

Selama tiga bulan terakhir, laba Nokia mengalami penurunan 19 persen dalam penjualan. kemudian untuk pengiriman smartphone jatuh 34 persen. Meski sempat mendominasi pasar ponsel pada 2000-an, saat ini Nokia mencoba untuk tetap komptetitif di belakang dominasi Apple dan Samsung yang memimpin pasar smartphone.

Dilansir dari ItproPortal, Jumat (20/7/2012), CEO Nokia Stephen Elop mengatakan, kerugian perusahaan disebabkan karena persaingan usaha.

"Kami melakukan transisi perusahaan yang cukup signifikan di lingkungan industri yang terus berkembang dan menggeser kami (Nokia) dengan cepat karyawan Nokia menunjukkan tekad untuk memperkuat daya saing kami, meningkatkan model operasi kami dan sangat berhati-hati dalam mengelola sumber daya keuangan," kata Elop.

Dalam upaya untuk mendapatkan posisi di industri smartphone. Nokia di bawah kepemimpinan Elop meninggalkan sistem operasi Symbian kemudian beralih menggunakan platform Microsoft Windows Phone tahun lalu.

Meski diperkirakan bakal mengalami kerugian di kuartal ketiga, peluncuran smartphone yang menggunakan platform Windows 8 mendatang diharapkan dapat memberikan efek positif bagi Nokia.

0 komentar: