Password Baru Pakai Gerakan   Swipe   Jari   Gerakan swipe untuk log in (NBC News) New York   - Untuk   sign-in   di aplikasi yang ...

Password Baru Pakai Gerakan Swipe Jari

 
Gerakan swipe untuk log in (NBC News)
New York - Untuk sign-in di aplikasi yang ada di iPad miliknya, mahasiswa ilmu komputer Napa Sae-Bae membuat gerakan swipe dengan jemarinya. Ini adalah jenis password baru yang membuat pengguna tak perlu lagi mengingat angka, kata, atau kombinasi keduanya. 

Sae-bae menyentuhkan ujung-ujung jari ke permukaan iPad, kemudian menariknya hingga hingga bertemu di tengah. Selanjutnya, aplikasi di iPad menganalisa caranya melakukan gerakan tersebut. 

Tak lama kemudian, muncul ikon smile pada layar. Ini menandakan aplikasi tersebut sudah bisa diakses Sae-bae. Nah, password baru ini menarik bukan? 

Dilansir NBC News dan dikutip detikINET, Rabu (3/10/2012), ketika orang lain mencoba membukanya, meski dengan meniru gerakan yang dilakukan Sae-bae, aplikasi tersebut tidak bisa membuka. 

Pasalnya, aplikasi ini tak hanya menganalisa gerakan swipe si pengguna tetapi juga kecepatan melakukannya. Sehingga hanya benar-benar si pengguna yang bisa mengaksesnya. 

Sulit bagi orang lain meniru gerakan otentik si pengguna. Alhasil, yang tampil pada layar bukan ikon smile melainkan wajah hijau merengut yang menandakan aplikasi terkunci. 

Sae-bae yang tengah menyelesaikan gelar Doktor di Polytechnic Institute of New York University, menemukan bahwa aplikasi semacam ini lebih aman, mudah diingat dan menjadi password alternatif yang menyenangkan.

Penemuannya ini masih tahap permulaan. Namun Sae-bae dan Nasir Memon dosen pembimbing yang membantu penelitian ini, berharap gerakan swipe bisa menjadi alternatif password, terutama di era perangkat yang serba layar sentuh.

"Saya rasa saat ini kita berada dalam kesempatan yang memungkinkan interface berubah," kata Memon. 

Memon dan Sae-bae baru-baru ini menerbitkan makalah yang mendiskusikan tak hanya proliferasi smartphone dan tablet tetapi juga penelitian mengenai kemungkinan membuat bahan kertas dan kain yang sensitif terhadap sentuhan.

0 komentar: