Robot pun Ingin Eksis di Facebook   Jakarta   - Situs jejaring sosial macam Facebook bukan semata-mata monopoli manusia. Robot pun ...

Robot pun Ingin Eksis di Facebook

 
Jakarta - Situs jejaring sosial macam Facebook bukan semata-mata monopoli manusia. Robot pun tak ingin ketinggalan, memiliki sebuah akun Facebook.

Sebuah prototipe robot bernama Ibn Sina khusus diciptakan untuk dibuatkan halaman profil Facebook. Tujuannya untuk menjembatani jurang pemisah antara manusia dan robot.

Ide unik ini dicetuskan Dr. Nikolaus Mavridis dan asistennya. Mereka memadukan kepopuleran situs jejaring Facebook dan robot untuk bisa membuat manusia 'jatuh hati' pada robot. 

Sebelum terjun ke dunia Facebook, robot ini dipoles sedemikian rupa dulu oleh Dr Mavridis yang dibantu mahasiswa-mahasiswa dari Interactive Robots and Media Lab (IRML) University of the United Arab Emirates, serta rekan mereka di Jerman dan Yunani.

Atas kerja keras mereka, Sina memiliki kemampuan yang berbeda dengan robot-robot yang biasanya difungsikan untuk membantu manusia.

Sina bisa diajak chatting. Ia memiliki kemampuan untuk melakukan percakapan secara real-time dengan orang-orang yang mengajaknya chatting lewat Facebook ataupun IRML dengan modul bahasa yang ia miliki. 

Robot ini juga dibekali kemampuan untuk mengatur database teman-temannya lewat informasi yang ada di Facebook. Database ini nantinya berfungsi agar profilnya tetap update. Ia juga dibekali dengan kemampuan mengenali wajah saat teman-temannya nanti mengupload foto di Facebook.

Dikutip detikINET dari BBC, Kamis (7/5/2009), halaman Facebook Sina nantinya akan menampilkan interaksi-interaksi yang pernah dilakukan robot-robot dengan manusia. 

Hal tersebut ditunjukkan melalui foto-foto dokumentasi keterlibatan robot dalam sebuah perusahaan. Mereka berharap Facebook Sina ini dapat menjembatani hubungan antara manusia dan mesin. 

0 komentar: