Silaturahmi di Twitter ala Komunitas #SrudukFollow Penulis: Arli Aditya Parikesit  - detikinet Rabu, 15/08/2012 11:43 WIB   Ilustr...


Silaturahmi di Twitter ala Komunitas #SrudukFollow

Penulis: Arli Aditya Parikesit - detikinet
Rabu, 15/08/2012 11:43 WIB
 
Ilustrasi (Ist.) Jakarta - Ngetwit bisa mendatangkan silaturahmi? Atau sekadar banyak-banyakan follower? Bagi Komunitas #SrudukFollow, yang pertama menjadi pilihan utama. Siapa mereka? Kenapa namanya #SrudukFollow? Yuk, kita coba telusuri.

Bagi Anda yang aktif di Twitter, mungkin sempat beberapa kali melihat tagar #SrudukFollow, baik di timeline maupun bio user Twitter. Apa sih sebenarnya maksud dari #SrudukFollow?

Pada Awalnya komunitas ini terbentuk dari silaturrahim di twitland yang dilakukan oleh beberapa orang (@jayteroris, @keep_on_rockin, @ekabees, @ek4kurniawan, @senyumryan dan beberapa lainya) pada 1 syawal tahun lalu.

Komunitas ini juga terdorong karena fenomena seleb tweet yang suka di-follow tanpa folback. #SrudukFollow telah dobrak tradisi Twitterland yang didesain utk ajang 'mengikuti' jadi 'saling mengikuti'.

@srudukfollow sebaliknya senang bersilaturahmi, saling follow dan folback karena mereka percaya setiap manusia pasti punya kelebihan yang berlanjut pertemanan dari dunia maya berlanjut ke pertemanan di real life dengan melakukan kopdar dan melakukan aksi sosial.

Jika ditanya siapa saja pengurus komunitas ini, agak sulit. Sebab menurut Bambang Pujiatmoko alias @Keep_On_Rockin, #Srudukfollow tidak ada pengurusnya.

"Tapi ada yang mengelola berdasarkan kerelawanan. Saat ini Akun @SrudukFollow digawangi oleh @Keep_On_Rockin (Bambang Pujiatmoko), @jayterois (Zainal Abidin), @DJ_AMALL (Mohamad Jamaludin) dan @senoaji12 (AjiPurnawanto). Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan offline dikoordinir dan dikerjakan bersama-sama oleh #SahabatSrudukfollow lainnya," jelas Bambang.

#Srudukers

Untuk menjadi anggota Komunitas #SrudukFollow, tidak ada kriteria tertentu, selama ingin dalam kebersamaan dan siap berbagi bisa bergabung dan tanpa paksaan. Tidak harus juga UKM yang berpromosi bisnis melalui Twitter.

Walau menurut Bambang, secara tidak langsung, komunitas ini berimbas pada meningkatnya transaksi jual beli antar anggota komunitas. Hal ini disebabkan karena intensitas interaksi yang membuat mengetahui produk/jasa yang dijual, tercipta ikatan emosional, terbangun rasa percaya sehingga terjadi transaksi jual beli.

Sebenarnya tujuan utama Srudukfollow adalah perubahan prilaku sosial terutama #Persahabatan dan #Kesetaraan makanya mengusung #YukSetara #Saling berbagi dan #SalingMembesarkan.

Sesuai dengan konsep silaturahmi yang bila diimplementasikan di twitterland sebagai saling follow, saling sapa, saling berbagi ilmu, karena kami punya prinsip, "setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah dan setiap saat adalah belajar".

"Diharapkan dari saling follow (memberi dan menerima), tegur sapa, saling kenal, akan terus berkembang menjadi pertemanan dan persahabatan bahkan bisa sampai ke kerjasama bisnis. Kami juga bisa saling belajar (#Salingberbagi) karena anggota SrudukFollow terdiri dari berbagai latar belakang umur, pendidikan, profesi dan keahlian. Sehingga nanti diharapkan #SahabatSrudukFollow dapat menyumbangkan kontribusi nyata bagi negeri ini melalui kesetaraan, persahabatan, dan berbagi,” jelas Bambang.

Bagi Srudukfollow jumlah follower tidak begitu penting tapi lebih penting adalah silaturahim antar srudukers. Saat ini yang memfollow akun @Srudukfollow ada 7.640 akun, yang memberikan data diri, alamat ke link disediakan ada 1.106 orang yang menggunakan #Srudukfollow di Bio twitternya 2276 orang.

Seiring perkembangan komunitas Srudukfollow, atas inisiatif #SahabatSrudukfollow terbentuklah akun-akun yang afiliasi yang menunjang aktifitas para pebisnis UKM.

Di antaranya akun @Srudukiklan, akun yang mengiklankan produk-produk dari anggota komunitas ini, akun @Srudukpreneur, bagi anggota Srudukfollow yang berminat/berkecimpung di dunia wirausaha juga akun yang menghibur seperti @SrudukPantun, dan @PolisiSruduk akun yang mengawasi perilaku #Srudukers di Timeline.

Kopi Darat

Perkembangan lain dari komunitas twitter Srudukfollow, saat ini ada beberapa group Srudukfollow di BlackBerry, WhattsApp dan LINE. Dalam grup inilah diskusi, tukar pikiran, sharing yang lebih intensif dilakukan.

Lebih dari sekadar berkicau di Twitter, komunitas ini juga sudah mengadakan sejumlah aktivitas di dunia nyata. Sebut saja Aksi Tanam Pohon di Bantaran Ciliwung, dan Kali Pasangrahan, Aksi #tanamsatupohon di bantaran Ciliwung Depok, serta Sedekah Bebek untuk Anak Yatim & Dhuafa.

Mereka juga cukup aktif mengadakan event media partner Kompetisi @GreenPChallenge "Switch Your Business Into Green!" Business Competition Project by @unescoyouthdesk. Dan akan menggelar sebuah event di bulan September 2012 nanti, yang diadakan oleh Koperasi Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, yaitu Enterpreneurship is My Lifestyle, Politeknik Negeri Jakarta.

Kopi darat sering dilakukan di beberapa kota atas inisiatif #Srudukers setempat. #Srudukers Jakarta sudah beberapa kali melakukan kopdar juga #Srudukers Surabaya dsk, Jogja dst. Seperti di bulan Ramadan ini ada beberapa #bukbersSrudukers yang dilakukan di Jakarta, Bandung, Jogja, Solo dll. Srudukers Bali akan lakukan setelah Idul Fitri.

Tertarik untuk bergabung? Silakan search siapa saja yang di bio Twitter-nya ada tagar #SrudukFollow, lalu difollow, dan mereka akan mem-folbeck Anda. Syaratnya, Anda juga harus memfolbek semua akun yang sudah follow Anda. Seru bukan?
 

0 komentar: