Tips Agar Komputer Aman dari Virus Posting ini saya ambil dari sebagian posting saya sendiri yang berjudul Antivirus Han...

Tips Agar Komputer Aman dari Virus

Aman dari Virus
Posting ini saya ambil dari sebagian posting saya sendiri yang berjudul Antivirus Handal. Karena posting tersebut tidak berlaku lagi, maka saya ambil yang masih berlakunya di sini dengan judul berbeda.

Berikut di bawah adalah sedikit tips dan saran jika komputer sobat ingin benar-benar aman dari virus :

  1. Pemasangan antivirus sebaiknya sejak awal sobat menginstal OS (Windows ataupun Linux), sebelum menginstal softwar-software lainnya. Jadi, instal ulang dulu OS sobat dengan catatan jangan lupa data-data penting di drive C sudah sobat pindahkan ke drive lain. Jelasnya :
    • Lakukan full instalasi OS dengan tidak melewatkan full format drive C atau drive penyimpan system.
    • Setelah OS selesai di instal jangan instal dulu driver ataupun software lainnya, tapi dahulukan pasang antivirus dan lakukan dulu update manual ataupun internet update (catatan : jadi untuk update manual sebelumnya, sobat harus sudah memiliki file manual update antivirus-nya dan file license key jika sobat hendak memasang anti virus permium)
    • Baru setelah sobat menginstal dan mengupdate antivirus, boleh menginstal driver dan software lainnya.
    • Jika driver/software yang diinstal terdeteksi ada virusnya oleh antivirus, instalasi driver/software tersebut jangan dilanjutkan. Sebaiknya cari dulu driver atau software yang aman.
  2. Jika terdeteksi ada virus di drive lain, jangan sayang-sayang musnahkan saja file apapun itu.
  3. Jangan memasang antivirus pada OS yang sudah lama dipakai apalagi yang sudah dipasang berbagai aplikasi.
  4. Antivirus harus selalu update, maksimal 5 hari sekali
  5. Jangan memasang dua antivirus dalam satu komputer, dengan antivirus apapun itu.
  6. Jika anda ingin memasang antivirus premium, jangan menggunakan antivirus premium yang sudah disertakan crack karena biasanya file crack tersebut sudah terifeksi virus.
  7. Sebaiknya, download antivirus dari situs resminya. Baik itu yang free maupun yang premium.
  8. Untuk antivirus premium, untuk mendapatkan license key nya tidak perlu bingung harus beli, googling saja banyak kok...
  9. Terakhir... jika memang komputer kita ingin benar-benar aman, kita harus kejam terhadap virus, jangan sayang-sayang terhadap file apapun itu yang terinfeksi virusnya, hapus saja!
Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar: