6 alasan wanita pertahankan hubungan yang bermasalah Dok. Thinkstock  Pertengkaran terus menerus, kecemburuan yang tak ma...

6 alasan wanita pertahankan hubungan yang bermasalah

Dok. Thinkstock 

Pertengkaran terus menerus, kecemburuan yang tak masuk akal, kekerasan fisik dan berkali-kali diselingkuhi; siapa yang bisa tahan dengan perlakuan seperti itu dari pasangan? Kenyataannya, ada wanita yang tetap bertahan dalam hubungan bermasalah, meskipun secara batin dia tersiksa. Orang pun bertanya-tanya, kenapa masih mempertahankan hubungan padahal lebih banyak sedih daripada bahagia? Situs All Women Stalk memaparkan enam alasan wanita bertahan dalam hubungan yang buruk.

1. Rasa Takut
Alasan utama kenapa wanita tetap bertahan dalam hubungan asmara yang buruk, karena dikelilingi rasa takut. Awalnya, jalinan asmara baik-baik saja di awal tapi begitu Anda mulai tergantung satu sama lain, ada ketakutan kalau semua itu akan berakhir atau menghilang. Jika hubungan selalu dibumbui dengan pertengkaran, adu mulut, curiga dan kecewa, maka layak untuk ditinggalkan meskipun harus mengorbankan perasaan.

2. Terlanjur Merasa Nyaman
Pernahkah Anda berada dalam hubungan yang mungkin bukan terbaik, tapi lebih baik daripada sendirian? Itu pertanda Anda sudah nyaman dalam hubungan. Level nyaman ini pun bisa menjadi bumerang, karena takut kehilangan rasa nyaman itu Anda berusaha sekua tenaga mempertahankan jalinan asmara meskipun mungkin pasangan suka berselingkuh atau main tangan saat bertengkar. Jika hal itu terjadi, lihatlah sekali lagi apakah Anda lebih sering merasa bahagia atau sedih saat bersama si dia? Jika lebih banyak sedihnya, kesampingkan rasa nyaman itu, toh Anda juga bisa mendapatkannya dari pria lain yang lebih baik.

3. Takut Gagal Lagi
Jika seorang wanita pernah mengalami kegagalan cinta berkali-kali, kepercayaan dirinya akan menurun. Maka saat menjalin cinta yang baru dan ternyata hubungan itu tidak berjalan mulus, dia akan tetap mempertahankannya demi harga diri. Ingat, yang menjalani dan mengalami Anda sendiri, bukan orang lain. Jika memang merasa hubungan tidak dapat dilanjutkan, lepaskan saja.

4. Malu
Perasaan malu karena sering gonta-ganti pasangan juga jadi salah satu penyebab wanita bertahan dalam hubungan asmara yang buruk. Daripada harus menanggung malu, lebih baik dia mempertahankan hubungan. Hal ini tentu saja tidak patut dilakukan. Cepat berganti pasangan tidak selalu menandakan seorang wanita itu playgirl atau suka mempermainkan pria, tapi bisa karena dia ingin seseorang yang terbaik yang bisa mendampinginya seumur hidup.

5. Cinta Mati
Salah satu alasan paling logis, kadang yang membuat wanita bertahan dari hubungan buruk adalah karena cinta. Saat seseorang jatuh cinta, dia cenderung tidak memperhatikan keburukan pasangannya. Semua yang dilakukan pasangan yang dilihat buruk oleh orang lain bisa saja baik di mata dia. Meskipun sudah terjadi kekerasan fisik maupun psikis bahkan perselingkuhan, wanita yang dibutakan cinta akan tetap bertahan dalam jalinan asmara. Ingatlah, tak ada gunanya bertahan demi nama cinta, apalagi jika pasangan sudah tidak mencintai dan kerap menyakiti Anda. Masih ada banyak pria di luar sana yang akan mencintai Anda dengan tulus.

6. Faktor Keluarga
Jika Anda telah lama berhubungan misalnya lebih dari lima tahun, biasanya pasangan sudah dekat dan mengenal baik keluarga Anda begitu pun sebaliknya. Faktor keluarga ini juga bisa menyebabkan seseorang tetap ada dalam hubungan yang bermasalah. Ingin menjaga perasaan, nama baik atau opini keluarga merupakan alasan yang paling umum. Jangan mengorbankan perasaan hanya karena tidak enak dengan keluarga Anda sendiri maupun keluarga pasangan. Melanjutkan kisah cinta yang bermasalah hanya akan menimbulkan luka yang dalam ke depannya nanti.

0 komentar: