Terima Email dari 'Faceboook'? Segera Lapor Facebook! Jakarta  - Pengguna Facebook diminta terus untuk wasapada terhadap jebak...


Terima Email dari 'Faceboook'? Segera Lapor Facebook!


Jakarta - Pengguna Facebook diminta terus untuk wasapada terhadap jebakan yang berisi malware. Bahkan termasuk dalam bentuk email seolah-olah Anda mendapatkan notifikasi.

Menurut riset keamanan Sophos, saat ini beredar email yang berisi informasi bahwa akun pengguna tengah di-tag dalam sebuah foto. Padahal bila langsung diklik itu adalah sebuah link yang berisi malware.

Bila dilihat, pengguna bukan tidak mungkin akan terjebak. Pasalnya terlihat seolah-olah pengirimnya berasal dari Facebook. Seperti gambar yang ada di bawah.



Namun bila ditelisik lebih jauh alamat email pengirim ternyata menggunakan kata 'Faceboook' bukan 'Facebook'. Nah, bila ada pengguna yang terjebak dan berhasil meng-klik link maka akan digiring ke sebuah Facebook Page palsu dan meminta alamat serta password Anda.


Sophos pun terus mengingatkan kepada penggguna Facebook untuk selalu waspada dan tidak sembarangan mengklik email yang berisi link.

Dikutip detikINET dari Zdnet, Kamis (19/7/2012), Sophos yang pertama kali mendeteksi keberadaan ancaman ini menyebut malware yang tersembunyi dari aksi tersebut adalah Troj/JSRedir-HW.

"Sebagai sikap hati-hati, jangan membuka lampiran atau mengklik link di dalam email yang tidak jelas. Kecuali Anda benar-benar terhadap siapa pengirimnya. Jika Anda ingin memperingatkan Facebook tentang penipuan ini (email dari Faceboook-red.), jangan ragu untuk menghubungi tim keamanan Facebook," imbuh Emil Protalinski, pengamat media sosial di Zdnet.

0 komentar: