Waspadai Jebakan Virus Penghapus Data di Komputer Jakarta   - Ini mungkin salah satu virus yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak?...

Waspadai Jebakan Virus Penghapus Data di Komputer

Jakarta - Ini mungkin salah satu virus yang paling menjengkelkan. Bagaimana tidak? Program jahat ini mampu menghapus semua data di komputer secara tiba-tiba.

Virus tersebut sejatinya bukan program baru, melainkan pengembangkan dari varian Mindhack.Namun dengan beberapa modifikasi seperti penambahan isi curahan hati sang modifikator, dan metode penyebaran yang sedikit berbeda.

Virus yang disebut sebagaiiloveyoumindhack itu menyebar sebagai Ultrasurf, aplikasi untuk menembus sensor internet agar bisa mengakses beberapa situs yang diblokir.

"Korbannya dijanjikan program Ultrasurf untuk menembus proteksi. Kan di kantor banyak yang ngga bisa browsing ke Facebook atau Twitter, dengan ini jadi bisa," kata Alfons Tanujaya, pakar Antivirus dari Vaksincom kepadadetikINET, Senin (15/10/2012).

Namun alih-alih mendapatkan aplikasi yang dijanjikan, korban yang tertipu justru mendapatkan virus yang akan menghapus data di semua hardisk (kecuali drive C). Proses penghapusan dilakukan dengan cara quick format sehingga sangat cepat dan tak terduga.

"Saya kemarin kena virus ini (virus iloveyoumindhack), data-data penting saya dihardisk sekitar 800GB habis, hilang tak berbekas, window eror, semua program tidak bisa dibuka. Di forum-forum lagi ramai mengenai virus ini, sudah ribuan yang kena," tulis salah satu korban pada akun Facebook detikINET.

Untuk mencegah pristiwa seperti di atas, para pengguna disarankan untuk lebih teliti saat berburu aplikasi sejenis Ultrasurf. Selain itu disarankan juga untuk menggunakan antivirus komputer yang paling update.

0 komentar: