Seluk beluk perniagaan
A. PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN
1. Istilah dan Pengertian Perniagaan
Perniagaan berasal dari bahasa latin. Niaga artinya menjajakan suatu
barang dan jasa agar ada yang membeli atau menjadi pelanggan. Orang
yang berniaga disebut pedagang.
Pengertian perniagaan adalah kegiatan pembelian barang-barang untuk
dijual kembali dalam jumlah besar atau kecil dalam bentuk bahan mentah
atau yang sudah diolah atau hanya menyewakan untuk dipergunakan.
2. Sejarah perniagaan
Pada zaman dahulu manusia hidup berkelompok dan pada waktu itu,
kebutuhan manusia masih sangat sedikit. Segala keperluan dihasilkan
dari alam . semakin peradaban manusia makin maju, terjadi hubungan
antar kelompok sehingga timbul kebutuhan yang tidak ada di lingkungan
sendiri atau lingkungan lain. Akhirnya muncul pertukaran barang milik
seseorang dengan orang lain yang disebut barter. Dengan munculnya barter
akhirnya manusia membuat uang bertujuan agar perniagaan lebih mudah dan
dapat diukur sesuai/seimbang antar barang yang ingin ditukar. Meskipun
uang sudah menjadi alat tukar tapi konsumen masih mencari kebutuhan
langsung ke produsen, maka dari seiring waktu perniagaan bertambah maju
dengan adanya sistem pengangkutan sehingga membuat konsumen lebih mudah
mendapatkan barang yang diinginkan.
B. Fungsi dan tugas serta macam-macam perniagaan dan penyebaran pemenuhan kebutuhan.
1. Fungsi perniagaan :
1. Mengumpulkan : mengumpulkan hasil produksi dari produsen
2. Menyortir : memilah barang yang baik dan yang tidak baik
3. Menyimpan : meyimpan barang dari hasil pembelian barang
4. Memindahkan
2. Tujuan perniagaan
A. Mendapatkan calon pembeli sebanyak mungkin
B. Mencari laba sebesar-besarnya.
3. Macam-macam perniagaan
1. Diliihat dari prosesnya/caranya
a. Barter (langsung)
Perniagaan dengan cara tukar menukar barang secara langsung tanpa menggunakn alat pembayaran yang sah.
b. Perniagaan tidak langsung
Perniagaan
jual beli yang dilakukan dengan cara menggunakan perantara, yaitu
pedagang/agen atau toko dan transaksinya menggunakan uang.
2. Dilihat dari luas geografisnya
a. Perniagaan dalam negeri
Perniagaan yang dilakukan antar daerah, pulau dalam suatu negara.
b. Perniagaan luar negeri
Perniagaan yang dilakukan antar negara baik ekspor maupun impor.
3. Dilihat dari ukuran perniagaan
a. Perniagaan besar : makro, mega mall, supermarket dll
b. Perniagaan kecil : warung, kios dan pedagangan asongan
C. Pengertian jual beli dan kewajiban serta hak penjual dan pembeli
Jual beli berarti kegiatan menjual dan membeli barang dari satu
pihak ke pihak lainya atau persetujuan saling mengikat antar penjual,
yakni pihak yang menyerahkan dan pihak pembayar.
KEWAJIBAN PEMBELI DAN PENJUAL
PEMBELI
1. Membayar sesuai harga yang sudah ditentukan.
2. Membayar sejumlah uang/menjamin tepat wakt
PENJUAL:
1.
Menyerahkan barang yang harganya sudah disetujui dan telah
dibayar
2.Menjamin
pembeli memiliki barang dengan
aman
3. Menjamin barang tidak rusak.
Hak
penjual dan
pembeli:
Pembeli
1. Menerima sejumlah barang yang
dibeli
2. Menjamin barang tersebut benar-benar baik
Penjual
1. Menerima pembayaran berdasarkan harga barang yang
ditentukan
2. Menjamin pembayaran tepat waktu .
2. Menjamin pembayaran tepat waktu .
Macam-macam cara jual beli :
1. Jual beli secara percobaan 6. Jual beli reukauf
2. Jual beli contoh (sale by sample) 7. Jual beli dengan syarat istimewa
3. Jual beli secara cicilan 8. Jual beli konsinyasi
4. Jual beli sewa beli
5. Jual beli tenggang waktu
D. Pemasaran
Pengertian
pemasaran adalah usaha menciptakan dan menghasilkan standar hidup untuk
kepentingan konsumen terhadap barang dan jasa dengan tujuan memperoleh
suatu kepuasaan.
Tujuan Pemasaran
1. Mancari keuntungan yang maksimal melalui jual beli
2. Agar masyarakat mengetahui hasil produksi
3. Memperkenalkan produksi melalui reklame
4. Membentuk harga melalui penawaran dan permintaan barang
Fungsi pemasaran
1. Pembelian (buying) 6. Pengangkutan
2. Penjualan (selling) 7. Penanggung resiko
3. Mengiklankan 8. komunikasi
4. Pembungkusan
5. Pergudangan
E. Iklan/reklame bagi kegiataan perniagaan
Reklame
adalah pemberitahuan adanya keberadaan sebuah produk barang dan jasa
sebagai pemuas kebutuhan. Sedangkan menurut bahasa yaitu re dan clame
artinya menyerukan berulang-ulang
Syarat reklame
1. Bentuk reklme terletak di tempat strategis
2. Ada gambar/bentuk barang yang ditawarkan
3. Tulisan singkat, jelas, besar dan mudah diingat
4. Reklame harus menarik perhatian konsumen
5. Dapat dilakukan di billboard atau mobil reklame berjalan
Tujuan reklame
1. Memperkenalkan produk
2. Untuk meningkatkan pemasaran
3. Untuk meningkatkan laba
4. Mempermudah konsumen mencari produk
Iklan adalah suatu kegiataan dalam rangka memperkenalkan sebuah barang atau jasa sebagai pemuas kebutuhan.
Syarat iklan
1. Jelas maksud dan tujuan
2. Diletakan di tempat strategis
3. Sebaiknya gambar/tulisan bergerak
4. Dapat menggunakan media elektronik
Tujuan iklan :
1. Meningkatkan minat akan barang dan jasa yang ditawarkan
2. Sebagai promosi
3. Mempermudah konsumen mencari barang yang dibutuhkan
4. Menambah keuntungan bagi perusahaan
0 komentar: