Seluk beluk perniagaan A.   PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN                 1.      Istilah dan Pengertian Pernia...

Seluk beluk perniagaan


A.  PENGERTIAN DAN SEJARAH PERKEMBANGAN PERNIAGAAN
               
1.     Istilah dan Pengertian Perniagaan  
       Perniagaan berasal dari bahasa latin. Niaga artinya menjajakan suatu barang dan jasa agar ada yang membeli atau menjadi pelanggan.  Orang yang berniaga disebut pedagang.
       Pengertian perniagaan adalah kegiatan pembelian barang-barang untuk dijual kembali dalam jumlah besar atau kecil dalam bentuk bahan mentah atau yang sudah diolah atau hanya menyewakan untuk dipergunakan.  

2.     Sejarah perniagaan
          Pada zaman dahulu manusia hidup berkelompok dan pada waktu itu, kebutuhan manusia masih sangat sedikit. Segala keperluan dihasilkan dari  alam . semakin peradaban manusia makin maju, terjadi hubungan antar kelompok sehingga timbul kebutuhan yang tidak ada di lingkungan sendiri  atau lingkungan lain. Akhirnya muncul pertukaran barang milik seseorang dengan orang lain yang disebut barter. Dengan munculnya barter akhirnya manusia membuat uang bertujuan agar perniagaan lebih mudah dan dapat diukur sesuai/seimbang antar barang yang ingin ditukar.  Meskipun uang sudah menjadi alat tukar tapi konsumen masih mencari kebutuhan langsung ke produsen, maka dari seiring waktu perniagaan bertambah maju dengan adanya sistem pengangkutan sehingga membuat konsumen lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan.

B.  Fungsi dan tugas serta macam-macam perniagaan dan penyebaran pemenuhan kebutuhan.
1.     Fungsi perniagaan :
1.      Mengumpulkan  : mengumpulkan hasil produksi dari produsen
2.      Menyortir : memilah barang yang baik dan yang tidak baik
3.      Menyimpan : meyimpan barang dari hasil pembelian barang
4.      Memindahkan

2.     Tujuan perniagaan
A.   Mendapatkan calon pembeli sebanyak mungkin
B.   Mencari laba sebesar-besarnya.
3.     Macam-macam perniagaan
1.     Diliihat dari prosesnya/caranya
a.     Barter (langsung)
Perniagaan dengan cara tukar menukar barang secara langsung tanpa menggunakn alat pembayaran yang sah.
b.     Perniagaan tidak langsung
Perniagaan jual beli yang dilakukan dengan cara menggunakan perantara, yaitu pedagang/agen atau toko dan transaksinya menggunakan uang.

2.     Dilihat dari luas geografisnya
a.     Perniagaan dalam negeri
Perniagaan yang dilakukan antar daerah, pulau dalam suatu negara.
b.     Perniagaan luar negeri
Perniagaan yang dilakukan antar negara baik ekspor maupun impor.
3.     Dilihat dari ukuran perniagaan
a.     Perniagaan besar : makro, mega mall, supermarket dll
b.     Perniagaan kecil : warung, kios dan pedagangan asongan

C.           Pengertian jual beli dan kewajiban serta hak penjual dan pembeli
Jual beli berarti kegiatan menjual dan membeli barang dari satu
pihak ke pihak lainya atau persetujuan saling mengikat antar penjual,
yakni pihak yang menyerahkan dan pihak pembayar.

KEWAJIBAN PEMBELI DAN PENJUAL

PEMBELI
1.     Membayar sesuai harga yang sudah ditentukan.
2.     Membayar sejumlah uang/menjamin tepat wakt
      PENJUAL:                                                                                                                            
 1. Menyerahkan barang yang harganya sudah disetujui dan telah dibayar                                                            
 2.Menjamin pembeli memiliki barang dengan aman                                                                                                                                  
3. Menjamin barang tidak rusak.
Hak penjual dan pembeli:                                                                                                                                           Pembeli                                                                                                                                                                      1. Menerima sejumlah barang yang dibeli                                                                         2. Menjamin barang tersebut benar-benar baik
Penjual                                                                                                                                                          1. Menerima pembayaran berdasarkan harga barang yang  ditentukan                                             
2. Menjamin pembayaran tepat waktu .
Macam-macam cara jual beli :
1.     Jual beli secara percobaan                  6. Jual beli reukauf
2.     Jual beli contoh (sale by sample)       7. Jual beli dengan syarat istimewa
3.     Jual beli secara cicilan                          8. Jual beli konsinyasi
4.     Jual beli sewa beli
5.     Jual beli tenggang waktu

D.               Pemasaran
          Pengertian pemasaran adalah usaha menciptakan dan menghasilkan standar hidup untuk kepentingan konsumen terhadap barang dan jasa dengan tujuan memperoleh suatu kepuasaan.

Tujuan Pemasaran
1.     Mancari keuntungan yang maksimal melalui jual beli
2.     Agar masyarakat mengetahui hasil produksi
3.     Memperkenalkan produksi melalui reklame
4.     Membentuk harga melalui penawaran dan permintaan barang
Fungsi pemasaran
1.      Pembelian (buying)         6. Pengangkutan
2.     Penjualan (selling)            7. Penanggung resiko
3.     Mengiklankan                   8. komunikasi
4.     Pembungkusan
5.     Pergudangan

E.    Iklan/reklame bagi kegiataan perniagaan

                    Reklame adalah pemberitahuan adanya keberadaan sebuah produk barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan. Sedangkan menurut bahasa yaitu re dan clame artinya menyerukan berulang-ulang

Syarat reklame
1.     Bentuk reklme terletak di tempat strategis
2.     Ada gambar/bentuk barang yang ditawarkan
3.     Tulisan singkat, jelas, besar dan mudah diingat
4.     Reklame harus menarik perhatian konsumen
5.     Dapat dilakukan di billboard atau mobil reklame berjalan
Tujuan reklame
1.     Memperkenalkan produk
2.     Untuk meningkatkan pemasaran
3.     Untuk meningkatkan laba
4.     Mempermudah konsumen mencari produk
Iklan adalah suatu kegiataan dalam rangka memperkenalkan sebuah barang atau jasa sebagai pemuas kebutuhan.
Syarat iklan
1.     Jelas maksud dan tujuan
2.     Diletakan di tempat strategis
3.     Sebaiknya gambar/tulisan bergerak
4.     Dapat menggunakan media elektronik
Tujuan iklan :
1.     Meningkatkan minat akan barang dan jasa yang ditawarkan 
2.     Sebagai promosi
3.     Mempermudah konsumen mencari barang yang dibutuhkan  
4.     Menambah keuntungan bagi perusahaan

0 komentar: