Pilpres AS Dimulai di 2 Desa Kecil di New Hampshire ...

Pilpres AS Dimulai di 2 Desa Kecil di New Hampshire

Foto: AFP
Washington, - Pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat telah dimulai. Warga di dua desa kecil di negara bagian New Hampshire mendatangi tempat pemungutan suara pada Selasa, 6 November dini hari waktu setempat.

Pemungutan suara berlangsung singkat. Di desa Dixville Notch, setelah 43 detik, hasilnya langsung diketahui. Sebabnya, hanya 10 pemilih yang datang menggunakan hak suaranya. Seperti diberitakan Los Angeles Times, Selasa (6/11/2012), Presiden Barack Obama dan penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney masing-masing mendapatkan 5 suara di desa Dixville Notch.

Sementara di desa Hart's Location, Obama menang dengan meraih 23 suara. Adapun Romney hanya mendapatkan 9 suara. Hanya dalam waktu 5 menit, 42 detik, hasil pemungutan suara telah diketahui.

Kedua desa tersebut menikmati status mereka sebagai yang pertama kali menggelar pemungutan suara dalam pilpres AS sejak tahun 1948.

New Hampshire merupakan swing state yang memiliki empat suara elektoral. Dengan gambaran seperti itu, tampaknya New Hampshire tidak begitu penting dalam pilpres AS. Namun dalam pemilu yang berlangsung ketat, negara bagian ini bisa menjadi penentu.

Contohnya, Al Gore yang kalah secara dramatis dari George W. Bush pada pilpres tahun 2000 lalu. Al Gore berhasil meraih suara terbanyak (popular vote) namun kalah dari Bush dalam perolehan suara electoral college. Seandainya Al Gore menang di New Hampshire, dia harusnya bisa menduduki Gedung Putih.

0 komentar: